DANAU RANAU

      Secara geografis, danau ranau terletak di perbatasan Propinsi Sumatera Selatan dan Propinsi Lampung, yaitu berbatasan antara kabupaten OKU Selatan beribukota muara dua di propinsi Sumatera Selatan dan kabupaten Lampung Barat beribukota liwa di propinsi Lampung.
      Danau Ranau yang terletak di kecamatan banding agung, kabupaten OKU Selatan, propinsi sumatera selatan, berjarak sekitar 342 km dari kota palembang, 130 km dari kota baturaja, dan 50 kilometer dari muara dua dan 10 km saja dari simpang sender. Untuk menuju danau ranau dapat ditempuh sekitar 8 jam dari kota Palembang, jarak tempuh sekitar 4 jam dari kota Baturaja, jarak tempuh sekitar 2 jam dari Muara Dua, 0.5 jam saja dari simpang sender dan ditempuh sekitar 1,5 jam dari kota liwa, dengan kecepatan rata rata 60 km/jam.

Rute yang dapat anda lalui diantaranya: (Jakarta- Tangerang- Cilegon- Merak- Bakauheni-Kalianda- Bandar Lampung- Bandar Jaya- Kotabumi- Bukit Kemuning- Sumber Jaya- Fajar Bulan-Liwa- Ranau) atau Jakarta-Tangerang- Cilegon- Merak- Bakauheni- Kalianda- Bandar Lampung- Bandar Jaya-Kotabumi-Bukit Kemuning-martapura-muara dua- ranau ) atau Jakarta- Palembang - Prabu Mulih - Batu Raja - Muara Dua - Ranau

       Danau Ranau mempunyai luas sekitar 128 km persegi, berlatar belakangkan gunung Seminung yang berketinggian sekitar 1.880 m dan dikelilingi oleh bukit bukit barisan dan lembah. Suhu pada daerah ini berkisar antara 20° – 28° Celsius. Terletak pada posisi 4°51′45″ bujur selatan dan 103°55′50″ bujur timur, dengan ketinggian 500 m diatas permukaan laut.
       Kota Banding Agung adalah kota terbesar di tepi danau Ranau, sangat potensial untuk berinvestasi/ mengembangkan trend wisata unik, telah ada beberapa investor yang menanamkan modal di daerah ini, sehingga kota ini berkembang dengan pesat seiring dengan perkembangan jaman

       Menyebut kota Banding Agung, kita akan teringat pada pesona keindahan alam yang cantik nan rupawan, bersumber dari sebuah danau yang terletak dibagian selatan provinsi Sumatera Selatan, apalagi Danau Ranau terletak di punggung pegunungan Bukit Barisan Sumatera Bagian Selatan, secara geografis memiliki ke unikan tersendiri dengan kondisi alamnya yang masih hijau ranau dan posisinya yang termasuk di kawasan remote area serta didukung oleh potensi budaya masyarakat yang penuh dengan canda dan sapa, sangatlah ideal untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata unik. Semoga asa menjadi realita.

       Disepanjang pinggir pantai danau ranau, telah ada jalan beraspal mulai dari pintu air ( desa suka negeri) menyisir pantai sampai ke desa kota batu, anda akan menikmati keindahan alam yang menawan dengan pasir pantai nan jelita atau anda mengelilingi danau ranau dengan menyewa sebuah motor air, selain menikmati pemandangan alam, anda dapat mengunjungi sumber air panas alami, air terjun Subik, Gua putri, pulau Marisa, pantai senangkalan dll. Dengan nyatakan yang ingin anda kunjungi, kepada sang sopir motor air maka dengan senang hati akan mengantar sampai ke tujuan.
       Selamat berrekriasi, semoga disaat yang lain anda kembali lagi.

2 komentar:

  1. trims atas infonya

    BalasHapus
  2. Informasi yang berharga, terimakasih

    BalasHapus

 
Ilham Melyundra - Rizki Melyundra - Tamy Choirunnisa